Perkemahan Bersama PMR IX di Sibolangit


Perkemahan Bersama (KEMSA) merupakan kegiatan rutin dua tahunan yang dilaksanakan oleh PMR 032 SMA Negeri 15 Medan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mengasah jiwa dan semangat tolong menolong antar sesama manusia pada umumnya dan kepada anggota PMR pada khususnya. KEMSA ini dilaksanakan di Sibolangit pada tanggal 28 Juni 2012 hingga 1 Juli 2012.

Perkemahan bersama merupakan kegiatan yang pertama sekali diikuti oleh PMR 073 SMK Kesehatan Wirahusada Medan di luar kota Medan. KEMSA ini juga merupakan cerminan seberapa tangguh siswa-siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan bertanding menghadapi sekolah-sekolah peserta yang berasal dari dalam maupun dari luar kota Medan. Meskipun baru pertama sekali mengikuti kegiatan ini, namun siswa-siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan berhasil menggondol dua piala, yaitu juara satu lomba memasak dan juara dua lomba drama. Hasil tersebut diluar dari dugaan karena keiikutsertaan SMK Kesehatan Wirahusada Medan mengikuti kegiatan ini sebenarnya tidak mematok target.

KEMSA yang diikuti SMK Kesehatan Wirahusada Medan bertujuan untuk mempromosikan Sekolah Menengah Kejuruan yang baru kepada adik-adik SMP yang berminat ke jalur keperawatan, farmasi, ataupun analis kesehatan. Ternyata dengan kemenangan dua piala ini semakin menambah daya tarik dan minat peserta KEMSA untuk mengetahui sekolah SMK Kesehatan Wirahusada Medan  tercinta ini.

KEGIATAN

Adapun kegiatan yang diikuti oleh siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan pada saat kegiatan KEMSA adalah sebagai berikut:

LOMBA DRAMA

Lomba drama yang diikuti oleh SMK Kesehatan Wirahusada Medan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 30 Juni 2012. Latihan drama yang singkat dan peralatan maupun perlengkapan yang seadanya memaksa siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan menjadi pesimis dalam mementaskan drama tersebut. Namun berkat kerja keras dan semangat yang diberikan oleh kakak pembina PMR, akhirnya drama tersebut berhasil dipentaskan. Kegelisahan dan ketakutan berganti dengan kelegaan dan kepuasan setelah panitia mengumumkan kemenangan dan berhasil menjadi juara kedua.

PIDATO BAHASA INDONESIA

Pidato dalam bahasa Indonesia dibawakan oleh Siti Hajar. Wajah takut dan pesimistis mewarnai pertandingan lomba pidato bahasa Indonesia. Walaupun tidak berhasil memenangkan pertandingan ini, tapi siswa-siswi SMK mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan sehingga kedepannya pidato yang dibawakan akan lebih baik lagi.

PIDATO BAHASA INGGRIS

Pidato dalam bahasa Inggris dibawakan oleh Tirfana Sari. Tidak ada target yang diusung dalam lomba ini. hanya pelajaran dari kegiatan ini banyak dipetik sehingga semakin menambah semangat untuk menghadapi perlombaan pada masa  yang akan datang.

LOMBA PUISI

Lomba baca puisi dibawakan oleh Ayu Andira. Dalam lomba ini setiap kontingen menurunkan peserta yang terbaik sehingga lomba baca pusi menjadi pertarungan yang sengit. Walaupun sudah berusaha dengan baik, namun juri sudah berusaha sekuat tenaga menentukan siapa pemenangnya. Walaupun gagal, tapi banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini.

DESIGN LOGO KEMSA dan DESIGN POSTER

Lomba design logo KEMSA dan poster dibawakan oleh Nadya Ulfa. Walaupun sudah berusaha memberikan yang terbaik, namun tetap yang terbaik yang telah menjadi pemenang. Walaupun gagal, tapi banyak pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini.

LOMBA MASAK KREASI

Dalam lomba ini persiapan yang matang dan kesiapan mental yang kuat menjadi modal utama sehingga siswa-siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan dapat meraih juara pertama. Berkat semangat dan jiwa pantang menyerah siswa-siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan dapat memberikan yang terbaik dari kerja keras ini. Diharapkan dengan kemenangan ini semakin menambah motivasi ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.

LOMBA TATA KEMAH, GAPURA, DAN MADING

Lomba tata kemah SMK Kesehatan Wirahusada Medan mengusung topik keadat-istiadatan. Berbagai macam ulos dan kain adat mewarnai gapura dan mading dari stan PMR 073 SMK Kesehatan Wirahusada Medan. Walaupun sudah mempercantik stan, namun perlawanan dari stan sekolah yang lain tidak mampu menggugah penilaian dari tim juri.

LOMBA PERAWATAN KELUARGA

Lomba perawatan keluarga merupakan target utama yang pertama kali diusung oleh pihak sekolah. Alasannya karena SMK merupakan sekolah yang bergerak di dunia kesehatan, sehingga wajar jika pihak sekolah sangat berharap lomba yang akan dipertandingan dapat dimenangkan.

Namun karena beberapa faktor yang dialami oleh siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan, perlombaan perawatan keluarga tidak dapat dimenangkan. Tekanan yang hebat dan faktor emosional memicu kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh siswi SMK Kesehatan Wirahusada Medan. Kedepannya ini akan menjadi instropeksi diri ke arah yang lebih baik ke depannya.

Berikut dokumentasi kegiatan Perkemahan Bersama PMR IX di Sibolangit:

Incoming search terms:

pidato mempromosikan sekolah smk, contoh gapura perkemahan pmr, Contoh gapura pmr, contoh mading perkemahan pmr, gapura kemah pramuka, SMA Negeri 15 Medan

Tags: , , , , , , , ,

Comments & Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>