Program Keahlian

Home » Program Keahlian

Keperawatan

Di jurusan keperawatan, setiap siswa diajarkan dan diharapkan mampu untuk:

Menyuntik/ menginjeksi pasien yang sakit.

Memasang infus.

Merawat orang yang sakit baik di rumah sakit, panti asuhan atau di panti jompo.

Menjaga kebersihan diri sendiri, rumah, dan di lingkungan sekitar.

Bisa bekerja di rumah sakit, maupun di klinik.

Mahir dalam proses penyunatan maupun pemeriksaan golongan darah.

Siswa/siswi diharapkan mampu melaksanakan Tindakan Keperawatan Dasar dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia, baik secara fisik, mental, psikososial dan spritual dengan menggunakan konsep/proses keperawatan dasar pada semua tingkat usia dalam konteks sehat sakit.

Melakukan Pemeriksaan Tanda-Tanda Vital.

Melaksanakan Mobilisasi Pasif Terhadap Klien/Pasien.

Penunjukan Kemampuan Mengasuh Bayi, Balita, Anak dan Lansia Sesuai Dengan Tingkat Perkembangan.

Melaksanakan Pemberian Nutrisi.

Memahami Perilaku Empatik.

Menunjukan Kemampuan Melaksanakan Komunikasi Teraupetik.

Farmasi

Tujuan dari jurusan farmasi SMK Kesehatan Wirahusada Medan adalah mendidik siswa menjadi tenaga farmasi yang memiliki kompetensi untuk bekerja dalam bidang kefarmasian yang siap pakai dan mampu menghadapi masalah sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan IPTEK di masa mendatang terutama tentang ilmu kesehatan.

Para lulusan SMK Kesehatan Wirahusada Medan jurusan farmasi diharapkan mampu bekerja sebagai tenaga farmasi tingkat menengah baik diproduksi, distribusi, pelayanan farmasi dan membantu kegiatan administrasi. Hal ini mengacu pada filosofi pendidikan SMK, dimana lulusan SMK bidang Farmasi harus sudah siap kerja.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya bidang kesehatan dan semakin beratnya tantangan yang akan dihadapi oleh siswa kami nantinya, membuat SMK Kesehatan Wirahusada Medan selalu meningkatkan kualitas tiap tahunnya dalam penyelenggaraan program pendidikan farmasi, baik secara sarana maupun prasarana.

Berdasarkan tujuan di atas, maka lulusan SMK Kesehatan Wirahusada Medan jurusan Farmasi diaharapkan mampu:

Melakukan profesinya dalam pelayanan kesehatan pada umumnya, khususnya pelayanan kefarmasian.

Berperan aktif dalam mengelola pelayanan kefarmasian dengan menerapkan prinsip administrasi, organisasi, supervisi dan evaluasi.

Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif, bersifat terbuka, dapat menyesuaikan diri dengan perubahan IPTEK dan berorientasi ke masa depan serta mampu memberikan penyuluhan kefarmasian kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Membantu dalam kegiatan penelitian di bidang farmasi atau di bidang kesehatan lainnya yang terkait.

SMK Kesehatan Wirahusada Medan jurusan farmasi sebagai bagian tak terpisahkan dari Sistem Pendidikan Nasional juga wajib menterjemahkan tujuan pendidikan kejuruan secara nasional menjadi tujuan pendidikan pada tingkat kelembagaan dan/ atau sekolah.

Dalam pelaksanaan pendidikan, proses pembelajaran yang terjadi tidak terbatas di dalam kelas saja. Pengajaran yang berlangsung pada pendidikan ini lebih ditekankan pada pengajaran yang menerobos di luar kelas, bahkan di luar institusi pendidikan seperti lingkungan kerja atau kehidupan masyarakat. Dalam hal ini praktek kerja lapangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diperoleh pada proses belajar mengajar (PBM).

Analis Kesehatan

Analis Kesehatan adalah profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan berasal dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat.

Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinik yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan data atau hasil sebagai penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. Cakupannya juga luas meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing) hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi (antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dan lain-lain). Analis Kesehatan juga ada yang bekerja di Laboratorium Patologi Anatomi yang memeriksa sampel berupa jaringan hasil operasi (histopatologi).

Selain itu Banyak pula yang bekerja di Industri makanan dan minuman, obat serta kosmetik karena dalam kurikulum pengajarannya terdapat mata pelajaran Kimia Analitik, Kimia Makanan dan Minuman, serta Toksikologi. Semua cakupan Laboratorium Kesehatan yang disebut diatas berlaku baik milik pemerintah maupun swasta.

MUltimedia

Di jurusan MultiMedia siswa dituntut untuk terjun ke dunia percetakan :

Mendasain,membuag web, membuat VIDEO Membuat spanduk.

Mencetak , membuat spanduk,dan brosur .

Terjun Kedunia Usaha .

Menunjukan Kemampuan Melaksanakan Komunikasi Teraupetik.

Incoming search terms:

silabus SMK kesehatan jurusan keperawatan, kurikulum smk kesehatan jurusan keperawatan, mata pelajaran smk kesehatan jurusan keperawatan, silabus keperawatan smk kesehatan, kurikulum smk analis kesehatan, silabus smk kesehatan, mata pelajaran smk kesehatan, kemampuan mengasuh bayi balita anak dan lansia sesuai tingkat perkembangan, mata pelajaran di smk kesehatan, siLABUS KDM SMK KESEHATAN

Comments & Responses

2 Responses so far.

  1. UMMU ZAHRA says:

    kalau tidak keberatan, boleh kirim silabus farmasi kesehatan dan analis kesehatan yang di pakai di sekolahnya. Kami juga rencana buka jurusan tersebut tapi hanya ada SK/KD, makanya bingung Terima kasih…

  2. suharni,S.Kep.Ns says:

    Ass..Bisa nda sy d bantu untuk d kirimkan selabus smk kesehatan jurusan keperawatan untuk kelas 1 s/d kls 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>